Wisata Kebun Refugia Magetan : Surganya Bunga

1 komentar
Kebun Refugia Magetan
Hayo, siapa yang ingin memanjakan mata ke wisata kebun Refugia Magetan yang penuh bunga - bunga cantik? Mari ikut denganku menjelajah indahnya bunga - bunga melalui tulisan ini :) Siap - siap ya aku ajak jalan melewati jalanan Kabupaten Magetan

Refugia, Wisata Bak Surga Bunga Dunia

Siapa sih yang tak senang memandang warna - warni bunga? Ngga ada kan ya, hehe. Mata seakan diterapi oleh indahnya bunga. Kelelahan memandang layar laptop, gadget dan tumpukan lembar pekerjaan seakan hilang saat memandang yang indah - indah. 

Wisata yang mengangkat unsur utama bunga ini terletak di Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Sebuah kecamatan yang terkenal dengan hawa dinginnya namun selalu terasa hangat oleh keramah - tamahan warganya. Maka dari itu, tak ayal wisata yang bertempat di area ini cocok sekali untuk melepas penat, karena pemandangan indah juga diimbangi warganya yang ramah. Nentramin hati kan jadinya :)

Perjalanan Menuju Wisata Bunga

Tertib, arus lancar sepanjang jalan. Dari Magetan kota hanya sekitar 20 menit untuk bisa sampai ke lokasi wisata yang letaknya di Kecamatan Plaosan ini. Seperti biasanya, Magetan selalu tertib dan lancar arusnya, hanya di kala hari Raya saja Magetan baru mengalami macet. Udara sejuk terhirup karena melewati deretan persawahan. 

Tak perlu heran ya bila selama perjalanan akan berpapasan dengan para petani yang mengendarai motor dan membonceng sekarung rumput. Iya, mayoritas pekerjaan warga Magetan adalah petani, terlebih di daerah Plaosan, banyak petani sukses di sana. Banyak yang jadi juragan sawah dan rumahnya pun mewah. Rasanya bangga melihat para petani yang makmur dan sejahtera di sini.

Setelah sekitar 20 menit sampailah di wisata bunga milik Magetan ini. Patokan-nya adalah pasar sayur yang menjual segala macam sayur mayur segar. Jadi kalau udah ngeliat pasar sayur itu, tandanya kebun udah sampai di lokasi wisata ini karena letak wisatanya persis berseberangan jalan dengan pasar sayur Plaosan.

Keindahan Wisata Kebun Refugia Magetan

Bunga - bunga yang ada di wisata ini disebut - sebut dapat mengusir hama. Jadi dari wisata ini, ada dua manfaat, yaitu manfaat keindahan dan manfaat untuk pertanian. Eits, sampe lupa bilang kalo wisata Refugia ini diapit oleh tanah persawahan. Makanya dengan adanya bunga pengusir hama diharapkan dapat membantu pengoptimalan proses pertanian.

Wisata ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Magetan. Dengan harapan dapat menjadi salah satu destinasi wisata Magetan yang dapat menjadi tujuan pengunjung untuk mencari kesegaran, menghilangkan kepenatan oleh padatnya aktivitas keseharian. 

Harga tiket yang ditawarkan juga terjangkau. Setiap pengunjung dewasa dikenai biaya sebesar 15 ribu rupiah dan 10 ribu rupiah bagi pengunjung anak - anak. Biaya yang ramah di kantong ya kalo segitu, hehe. Cukup bawa 100 ribu udah bisa bayarin berapa orang tuh :d

Bunga - bunga yang ada di wisata bunga ini cukup beragam, mulai dari bunga Matahari, bunga Krisan, bunga Anggrek, bunga Teratai, bunga berwarna ungu, pink, merah dan warna - warna lainnya ada di sini. Eh tapi ngga boleh dipetik loh ya bunganya meskipun naksir bunga saking indahnya :d Boleh diliat tapi jangan dipetik lalu dibawa pulang. Cukup dipandang ajalah :)
Bunga

Selain bunga-bunga'an, spot selfie ria juga tak ketinggalan. Ada beberapa sudut kebun yang dilengkapai dengan spot selfi. Hal yang masih kuingat ketika berkunjung ke kebun ini adalah kenangan dimintai foto sama pengunjung lain. Hum, sebenernya ngga apa-apa sih, tapi jadi gimana gitu wong aku juga mau foto kok disuruh motoin, mana yang minta dipotoin maksa lagi huahuahaha. 

Saat di sini, bisa kok niruin gaya aktris India yang nyanyi - nyanyi sambil lari pelan dan  tangan menyentuh bunga-bunga, hahaha. Eh drama di Indosiar yang dulu juga ada kan ya yang nyanyi - nyanyi di antara bunga-bunga awkwk, jadi mau kayak apa nih, mau kayak aktris India atau aktris Indonesia pokoknya bisa banget dilakuin di sini:)
Nyium Bunga

Oh ya, ada beberapa gazebo juga yang disediakan di sini. Jadi apabila lelah berjalan - jalan menyusuri kebun, bisa istirahat duduk di gazebo sambil menikmati keindahan bunga juga tawa - tawa kecil pengunjung yang tengah bergurau. Bisa juga sambil menikmati makanan ringan atau bekal yang dibawa dari rumah ya.

Baru -baru ini, wisata bunga Refugia mengadakan sebuah lomba cinematic video. Ada puluhan peserta yang mengikuti, termasuk aku hehe. Aku juga turut andil dalam mengikuti cinematic video Refugia.

Kebun Refugia di Kala Pandemi

Selfi
Tak perlu khawatir apabila berkunjung ke wisata Refugia ini, sebab seluruh areanya disterilkan dengan cairan disinfektan. Ketika baru masuk, pengunjung di cek suhu tubuhnya. Tak lupa pula disediakan wastafel untuk cuci tangan di berbagai sudut kebun. 

Pengunjung juga dianjurkan untuk memakai masker, ini dibuktikan dengan adanya papan pengumuman yang berisikan bahwa seluruh pengunjung harus memakai masker. Jadi cukup aman wisata ini karena protokol kesehatan diterapkan. Karena areanya yang luas, apabila menerapkan aturan jaga jarak juga tak masalah kok. Cukup dan masih longgar kok untuk menampung pengunjung meskipun harus jaga jarak. 

Jadi sudah siapkah berkunjung ke kebun Refugia Magetan untuk menghilangkan penat juga mengisi waktu libur? Dijamin asyik loh, karena tempatnya yang instagrammable pasti dapat mempercantik galeri feed instagram-mu. Penerapan protokol kesehatan juga diperhatikan pula di masa pandemi ini, jadi setidaknya dapat meminimalisir kekhawatiran terhadap ancaman virus.  Hayuk ke sini, ke Magetan untuk dapat menikmati wisata bunga ini bersamaku :)




Dewiqqqqq
Hallo guys, I am Dewi Sholekah. I was born on March 17th 1996. Thanks for your visiting :-)

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar