Content Plan untuk Blog

3 komentar
Content Plan
Hai kamu yang aktif di dunia Blogging, sudahkah membuat content plan sebagai sebuah kebiasaan sebelum menjalani aktivitas posting konten Blog ? Em, pasti ada yang ada yang sudah terbiasa dan belum ya :)

Bagi yang belum nih sama banget kayak aku. Sama sekali belum pernah membiasakan diri membuat sebuah content plan untuk Blog, loh ya iya jelas belum terbiasa, orang dulunya sering mogok ngeblog hahaha.

Jujur saja aku adalah tipikal orang yang banyak ngga pakek plan buakakak. Ya, aku sadar sih, banyak sekali hal - hal yang akhirnya kurang mengenak-kan, kurang tepat sasaran, ngga efisien dan lainnya karena apa-apa yang ngga pakek rencana. Kalau udah begitu ujungnya timbul penyesalan, tapi ngga tau kenapa juga ngga kapok-kapok diriku melakukan segala sesuatu dengan sering tanpa plan. Apa perlu otak-ku ini diapain gitu kali ya, biar aku inget terus bahwa segala sesuatu itu akan berjalan lebih baik kalau dibuat planningnya dulu.

Sekarang sih posisinya sedang menyadari itu. Menyadari bahwa apa-apa akan berjalan lebih baik kalau dibarengi dengan rencana. Hohoho, semoga kesadaran akan pentingnya membuat rencana ini akan awet di aku ya :d

Terkait dengan segala sesuatu yang akan menjadi lebih baik bila direncanakan, kali ini aku mencoba untuk membuat plan dalam kegiatan Ngeblog-ku. Ya harapannya sih agar bisa membiasakan diri dengan memulai dari sini, dari Blog ini :)

Membuat Content Plan untuk Blog

Seperti yang sudah kubeberkan di kalimat sebelumnya heheu, ceritanya aku memulai membuat plan untuk content Blog-

Membuat content plan ini ternyata cukup penting juga sih untuk ngeblog. Hal ini kurasakan setelah seringkali aku molor nyelesaikan tulisan content buat Blog. Aku suka bingung mau bikin plan tentang categorey content apa, bingung nentuin keyword apa dan pokoknya bingung mau mulai darimana. Belum lagi kalau pas hari-hari kalut banyak kerjaan lain gitu, wah pasti susah cari ide maupun inspirasi, pokoknya buntu banget.

Setelah memantapkan niat untuk memulai membuat content plan, berikut aku share ke kalian mengenai apa saja yang mesti disiapkan dalam membuat content plan berbekal materi dari mbak Marita :

1. Menentukan tujuan yang akan dicapai

Tujuan itu selalu menjadi hal pertama yang mesti dilakukan. Tujuan itu adalah suatu titik yang akan dituju, jadi kalau ngga punya tujuan ya ngga tau dong mau menuju kemana. Imbas terburuk dari tidak adanya tujuan ya bakal terombang - ambing.

2. Menentukan kategori content

Kategori content ini mestinya udah ada sebelum mendesign Blog, jadi kalau udah ada tinggal nentuin aja tanggal ini kategori A, tanggal berikutnya kategori B, dan seterusnya. Well, akan cukup menghemat waktu nih kalau begini :)

3. Menentukan jadwal posting

Perkara posting itu meskipun tinggal posting tetep bikin bingung juga kalau ngga terjadwal. Awkwk. Jadi perlu nyusun jadwalnya mau posting tanggal berapa gitu. 

4. Membuat outline

Membuat outline ini buat arah-arah aja soal content, biar mudah saat nulisnya karena udah ada kerangkanya.


Goals Blog-ku untuk Tahun 2021

Goal 2021
Yah ngga banyak - banyak sih yang tak inginkan untuk tahun 2021, karena tahun depan itu umur Blog-ku belum lama juga. Masih perlu menetah dulu, belum bisa diajak lari buat ngeraih apa yang kumau terlalu banyak hehe. 

Jadi ya secara umum aja dululah apa yang tak ingini. Palingan konsistensi ngeblog dulu yang pengen tak benerin, sebab penyakit malesku kalau kambuh bahaya wkwk. 2 atau 3 jam menjelang DL posting baru mulai nulis. Eh malah belum nulis, baru mikir dulu mau nulis apa wkwk. Parah banget nih diriku. Hm, karena konsistensi ngeblogku masih begitu ya yang tak posisikan utama sebagai goal adalah konsistensi ngeblog.

Branding medsos itu perlu, perlu sekali juga. Sejak di 2020 ini-pun branding medsosku udah jalan. Aku cukup aktif di dunia medsos, seperti facebook, instagram dan twitter. Akan tetapi akan lebih bagus bila branding-ku lebih kutingkatkan di tahun 2021 nanti.

DA maupun PA, itu juga masuk ke dalam goal-ku. Tapi ngga muluk-muluk dulu sih, ngga pasang target dulu harus nyapai minimal berapa. Lebih baik dari 2020 aja udah cukup menurutku. Karena masih banyak soal teknis Blog lainnya yang perlu kupelajari juga saat ini hingga tahun mendatng :)

Kalau pageview juga sama dengan DA maupun PA, lebih baik dari 2020 aja udah cukup. Semoga dengan content lebih baik karena tahap belajar Blog sudah meningkat, juga branding medsos lebih bagus, hasilnya nanti juga bikin page view meningkat dari tahun 2020. 

Sebenernya sih dalam lubuk hati pengen content-ku masuk page one, tapi kayaknya masih jauh dari angan. Oke, perlu pelan-pelan dulu :)

Weekly Content Plan


Weekly Plan

Weekly Content Plan atau rencana content mingguan ini yang pertama kali tak implementasikan dari materi content plan. Iyaps, ternyata cukup mudah juga kok buat nyusun content plan ini.

Sementara yang tak buat adalah mulai dari tanggal 28 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, yaps ngelewatin taun baru tuh hehe. 

Untuk category sesuai category yang udah ada di list category Blog, jadi tinggal nyomot aja mau pakek category yang mana :)

Semoga sih content plan yang udah tak buat untuk sepekan itu bakal berjalan dengan semestinya :)

Manfaat Content Plan

Dengan adanya content plan, jujur aja jadi lebih mudah kalau mau nulis. Banyak manfaatnya dan itu berarti hal ini perlu kulanjutkan.
Apa itu manfaatnya?
Manfaatnya sebagai berikut :
  • hemat waktu nulis, karena category maupun keyword udah ada. Jadi waktu ngga abis buat mikir soal category juga keyword apa yang mesti dibuat nulis.
  • kegiatan nulis lebih terorganisir
  • membantu pribadi menjadi konsisten ngeblog

So, ternyata content plan itu perlu sekali dibuat. Membuatnya juga ngga susah tapi manfaatnya banyak. Jadi mulai sekarang mari membiaskaan diri untuk membuat content plan yuk :d
Dewiqqqqq
Hallo guys, I am Dewi Sholekah. I was born on March 17th 1996. Thanks for your visiting :-)

Related Posts

3 komentar

  1. akupun pengen juga masuk page one, tapi kurang realistis kali ya mending benahin blog dulu masih amburadul wkwk

    BalasHapus
  2. Blog plan nya seru mbak, saya tunggu eksekusi artikelnya akh..

    BalasHapus
  3. aku tunggu sudut pandang anak tunggal

    liat wisatanya juga mupeng,, getuk lindri apalagi. udah lama gak pernah makan
    ditunggu dah semuanya

    BalasHapus

Posting Komentar