Nasi Pecel Magetan Pedes Manis Asinnya Mantap

Posting Komentar
nasi pecel  magetan

Setiap daerah di Jawa memiliki menu nasi pecel khas, termasuk nasi pecel Magetan, Jawa Timur. Yaps, Magetan yang memiliki beragam kuliner menarik nan ciamik ini tentunya tak ketinggalan dong dengan kuliner pecel. Jadi siapapun yang tinggal di Magetan pasti ngga ada yang ngga kenal sama kuliner pecel ini. Soalnya dari anak SD aja banyak yang kalo pagi sarapannya nasi pecel, hihihi.

Nasi pecel adalah nasi yang dikasih pecel. Loh, iya kan? Nasi pecel = nasi + pecel, hohoho. Tapi ya ngga gitu juga ya, haha. Memang betul kalau nasi pecel itu nasi yang dikasih pecel, tapi kalau nasi pecel yang dimaksud ini tuh pecel yang terdiri dari sayur yang direbus dan dikasih sambel kacang.

Eh tapi sambel kacangnya pecel Magetan dan sambel pecelnya daerah lain tuh beda kalo menurutku. Dari segi rasa lebih ke manis meski ada asin dan pedesnya. Soalnya aku pernah beli nasi pecel yang di daerah Surabaya rasanya cenderung asin dan pedes. Satu hal yang beda lagi kalau di sini makan nasi pecel itu lauknya tempe goreng atau iwak kali dan "lempeng" atau kerupuk yang terbuat dari beras. Sedangkan tempat lainnya mungkin pendamping kriuk-kriuknya sejenis rempeyek. Pokoknya beda deh pecelnya Magetan, sambel kacangnya itu loh yang bikin mantap.

Sambel Kacang Kunci Utama Pecel

Menurut aku sih ya, nikmat atau tidaknya nasi pecel itu kunci utamanya terletak pada sambel kacangnya. Udah nyoba beberapa kali beli di beberapa tempat tapi yang bikin balik atau nagih buat kembali beli itu ya kalo sambel kacangnya wenak, hehe. Nah wenak menurutku ini kalau kacangnya bener-bener matang ya saat proses sangrai atau gorengnya, kalau kurang mateng juga akibatnya ngga tahan lama si sambel kacangnya. Biasanya akan cepet terasa apek begitulah. Makanya ngesangrai atau ngegoreng kacangnya juga harus sampai bener-bener mateng.

Matengnya kacang saat disangrai atau disangrai itu juga belum bisa dikatakan wenak kalo bumbu penunjang lainnya ga lengkap. Jadi kacang yang udah disangrai atau digoreng tadi perlu dihaluskan dan dicampur dengan bumbu halus seperti garam, bawang putih, cabai keriting, cabe rawit merah dan gula merah. Dijamin, rasa sambelnya wenak dan terasa pedes manis dan asin.

pecel iwak kali

Selain kualitas sambal yang wenak, banyak atau sedikitnya sambel tadi juga ngaruh sama kenikmatan kuliner ini. Biasanya orang Magetan suka sekali dengan nasi yang diberi sambel pecel dengan jumlah banyak hingga menutupi seluruh nasi. Apalagi kalau nasinya pulen ditambah tempe goreng atau iwak kali dan lempeng, wah jangan ditanya lagi rasanya gimana ya, udah pasti mantap :d

Sarapan Nasi Pecel Magetan 

Memakan nasi pecel sebenernya sah - sah aja dimakan di waktu kapanpun. Pagi bisa, siang bisa, malempun juga bisa. Soalnya di sinipun penjual nasi pecel ada terus selama 24 jam, hehe. Buka sampai putaran waktu 24 jam itu ya karena saking diminati. Kalau jam favorit untuk menikmati kuliner dengan sambel kacang ini ya pas pagi hari. Petani ataupun pekerja swasta biasanya udah nongkrong sejak habis subuh di warung nasi pecel wkwkwk. Dengan tambahan segelas kopi sama sebatang rokok (bagi yang merokok) udah cukup kenyang dan memberi semangat aktivitas. Aku tau soal ini karena sering beli nasi pecel juga di warung nasi pecel pas pagi hari wkwk.

Kalau siang juga ada sih yang beli, malampun banyak di pinggiran jalan. Tapi sejauh yang kuamati sih favoritnya orang - orang nyantap nasi pecel ini ya pas pagi hari buat sarapan. Aku aja ampe heran kok, tiap lewat warung nasi pecel pas pagi hari tuh, ngga ada warung nasi pecel yang sepi, selalu ada yang nongkrong di situ entah usia abg ataupun bapak - bapak.

Banyak penjual nasi pecel di sini yang kehidupannya mapan berkat jualannya ini. Sampai punya karyawan pula. Belum lagi biasanya di warung nasi pecel juga dilengkapi gorengan - gorengan lain selalin tempe goreng yang jadi favorit. Ada gorengan seperti bakwan, pisang goreng. Lauk lain juga beragam, seperti telur dadar, telur ceplok, ayam goreng, ati ampela goreng sama sate usus biasanya yang tak liat. Jadi kalo disimpulin emang waktu pagi alias waktu sarapan adalah waktu favoritnya orang - orang Magetan buat makan nasi pecel :d

Nasi Pecel Pincuk 

pecel pincuk


Oh ya ada satu lagi yang biasanya cukup populer di Magetan, yaitu nasi pecel yang disajikan di atas pincuk daun. Nah daun yang dipakai ini biasanya daun pisang atau daun jati. Kesan tradisionalnya lebih terasa sih kalo disajikan dengan pincuk daun begini.

Alasan lain selain menambah kesan tradisional, nasi pecel yang disajikan dengan pincuk daun pisang atau daun jati ini adalah karena keyakinan bahwa rasanya akan lebih nikmat bila makanan beralaskan daun. Entah hanya sebatas keyakinan atau apa, yang jelas menurutku kalo judulnya nasi pecel udah pasti enak, hihi. Apalagi pecelnya orang Magetan. Pokok e ya top markotop.

Hayo, minatkah untuk menyantap nasi pecel Magetan seperti yang saya ceritakan? Kalau minat bisa berkunjung ke Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Nanti kalo udah nyampe sini tinggal hubungin aku aja ya. Nanti tak temenin deh buat kulineran nasi pecel ini ddengan hawa dingin syahdu hehe, soalnya di sini area pegunungan jadi hawanya agak dingin. Tapi jangan khawatir, nasi pecel bisa menghangatkan tubuh kok :)



Dewiqqqqq
Hallo guys, I am Dewi Sholekah. I was born on March 17th 1996. Thanks for your visiting :-)

Related Posts

Posting Komentar