Menilik Budidaya Ikan Gurame M. Ilham Nurhakim dengan Teknologi FIMP

Posting Komentar

Haiii haii, siapa nih kira-kira yang hobi menyantap sajian menu ikan Gurame ? hihi. Kalau selama ini mungkin kita seringkali disuguhkan kenikmatan saat menyantap sajian menu ikan Gurame, nah rasanya akan lebih puas lagi dong ya kalau kita juga tau gimana sih ikan Gurame itu perawatannya hingga bisa dimasak dan bisa kita nikmati.

Nah, untuk memperluas khazanah pengetahuan kita mengenai ikan Gurame, sini kuajak berkenalan dengan M. Ilham Nurhakim yang merupakan sobat mina muda yang bergerak dalam bidang perikanan yaitu ikan Gurame yang letaknya di Jalan Mundu Desa Kepuh RT/RW. 02/02 Kecamatan Boyolangu Tulungagung.

Sumber : Youtube Sobat Mina

Dalam membudidaya Gurame terdapat kendala pula nih menurut M. Ilham Nurhakim. Yaps, menjadi petani Gurame seringkali dihadapkan dengan kematian ikan yang menjadi kendala utama. Tingkat kematian ikan tergolong tinggi karena kualitas air yang buruk. Wah, berarti penting sekali ya memilih kualitas air yang baik jikalau ingin menjadi petani Gurame.

Guna mengatasi kendala kualitas air yang buruk, M. Ilham Nurhakim menggunakan solusi teknologi tepat guna yang disebut dengan “FIMP” yaitu Fish Pond Automatic Cleaning Using IOT Floating Pump. Teknologi FIMP tersebut bekerja dengan menghisap kotoran secara berkala dengan skala yang cukup besar yang ditujukan untuk peningkatan kualitas air.

Sumber : Youtube Sobat Mina

FIMP memiliki sebuah penyedot air pada bagian bawah dengan selang yang disambungkan dengan perahu mesin pada diesel kemudian pada bagian atasnya terdapat selang pembuangan air yang berisi kotoran ikan Gurame.

Oh iya, M. Ilham Nurhakim ini ternyata tidak sendiri loh, melainkan sebuah tim dengan ditemani 2 rekan lainnya yaitu Fahru Riza dan Novianti Mukti Wibowo.

Budidaya Gurame M. Ilham Nurhakim dan tim ini membantu kelompok petani sebanyak 50 kolam. Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam budidaya ikan Gurame ini di antaranya :

  • ·      pemberian pakan ikan, vitamin ikan dan probiotik
  • ·      pembersihan kolam dengan teknologi FIMP
  • ·      pemanenan ikan Gurame secara rutin

Pemasaran Ikan Gurame inipun dilakukan secara B to B atau Buisness to Buisness. Ikan Gurame segar yang masih hidup pun didistribusikan ke pasar, resto, cafe juga dikirim hingga ke luar kota melalui market place.

Pendapatan dari budidaya Gurame inipun terbilang wow loh, yaitu bisa mencapai 1,4 Milyar selama 8 hingga 12 bulan dengan total ikan 100 ribu ekor. Sungguh luar biasa ya ini pencapaian dalam kurung waktu kurang lebih setaun. Menarik !!!!

Tidak kalah menariknya lagi yaitu terletak pada rencana jangka pendek yangmana ingin memperluas jangkauan alat sehingga petani Gurame lainnya pun turut merasakan teknologi FIMP ini. Kemudian untuk rencana jangka panjang yang akan dilakukan oleh M. Ilham Nurhakim yaitu menjalin kerja sama dengan supplier guna pendistribusian ikan Gurame ke seluruh Indonesia guys.

Dari sini udah semakin kenal kan ya dengan M. Ilham Nurhakim sobat mina? Hehe. Dengan begitu luar biasanya sobat mina ini, maka pantas saja jika M. Ilham Nurhakim meraih penghargaan SIA Provinsi pada tahun 2021.

Sangat menginspirasi sekali bukan M. Ilham Nurhakim beserta teknologi FIMP-nya? Semoga hal ini dapat menjadi sarana edukasi pula bagi petai Gurame lainnya. Sehingga petani Gurame di Indonesia kehidupannya menjadi makmur nan tentram serta banyak sobat-sobat muda lainnya yang berminat menjadi sobat mina untuk merintis usaha serupa maupun bidang lainnya yang terinspirasi dari kisah M. Ilham Nurhakim ini.
Dewiqqqqq
Hallo guys, I am Dewi Sholekah. I was born on March 17th 1996. Thanks for your visiting :-)

Related Posts

Posting Komentar