Tips Masak Nasi Goreng Enak

6 komentar
Nasi Goreng

Halo semuanya, siapa nih yang hobi masak nasi goreng? Samaan with me nih hihihi. 
Aku suka banget sama yang namanya nasi goreng, jadi ya sering banget masak nasi goreng, apalagi buat sarapan. 

Nasi goreng menjadi makanan familiar bagi semua orang bahkan di penjuru dunia. Setiap wilayah pastinya memiliki jenis nasi goreng yang berbeda, namun satu yang jadi pakem dalam nasi goreng di berbagai wilayah yang tetap sama, yaitu bahan utamanya nasi dan proses masaknya digoreng awkwk.

Seringkali pula ada beberapa candaan soal nasi goreng ini. Salah satu candaan yang mungkin pernah kalian dengar adalah kalimat seperti "Iya iya, kamu ndak salah. Yang salah itu tukang nasi goreng, udah tau nasinya udah mateng tapi kenapa masih digoreng" , wkwkwk. Itu candaan lucu banget sih kalo menurut aku. Adanya candaan dengan menyomot istilah nasi goreng itupun menandakan bahwa nasi goreng adalah sesuatu yang cukup familiar dan ringan serta asyik untuk jadi bahan obrolan :)

Betapa menariknya masakan nasi goreng, mendorongku untuk menuliskan tips memasak nasi goreng versiku yang menurutku cukup enak dan ngga kalah sama yang dijual di luar sana, xixi. Maap maap nih ya bukannya sombong, ini soal cita rasaku. Kenapa bisa enak? Ya karena ada cara masak yang perlu diketahui :)

Tips Masak Nasi Goreng 

Nasi goreng itu enak dan tidaknya kadang tergantung bagaimana cara memasaknya. Sebab boleh jadi dengan bumbu sama namun cara masak beda, hasil cita rasanya juga akan jadi beda. Nah, lalu bagaimana cara memasak nasi goreng yang bisa menciptakan cita rasa yang enak? Hayo tebak ! 
Aku kasih tau rahasia cara masak nasi gorengku ya hehehe.

Berikut tips masak nasi goreng menurut aku :

1. Nasi yang Tepat

Loh, jadi ndak semua nasi tepat untuk dibuat nasi goreng ? Iya, tekstur nasi itu juga berpengaruh terhadap hasil nasi goreng. Kalau bisa sih menghindari nasi dengan tekstur lembek ya agar tidak lengket saat digoreng :) Oh ya, tekstur nasi lembek dapat diatasi dengan mengurangi jumlah air untuk memasak nasinya.

Jadi kalau bisa pilih nasi yang pera, bulirnya misah-misah atau bahasa Jawa-nya itu ambyur hehe alias ambyar tapi bukan hati loh ya yang ambyar, kalo hati yang ambyar ndak jadi enak itu namanya. Tekstur nasi yang ambyar itu enak banget dibuat nasi goreng. Kalaupun punya nasi yang teksturnya tidak lembek tapi ndak ambyar, bisa coba memasukkan ke dalam kulkas dulu selama 2 jam'an agar sedikit keras gitu dan dibuat nasi goreng jadi lebih enak.

Nasi Pera
Nasi Pera (Sumber gambar : food.detik.com/cooking-tips)


Nasi yang tepat juga bisa dipengaruhi dari cara memilih beras loh ya. Biasanya nih yang sering dipakai untuk nasi goreng adalah beras dengan jenis putih panjang. Tapi beras apapun bisa sih, asalkan ndak lembek apabila ingin hasil nasi goreng yang enak.

Satu lagi, nasi sisa kemarin biasanya juga enak untuk dibuat nasi goreng, hihi. Aku sering memanfaatkan nasi sisa kemarin untuk nasi goreng :d

2. Bawang Putih dan Bawang Merah

bawang merah bawang putih
Sumber gambar : sajiansedap.grid.id


Emm, selama ini aku membuat bumbu halus untuk nasi goreng hanya memakai bawang putih saja. Sebab aku lebih suka cita rasa dengan bawang yang kuat dan jadi sedikit pedes dengan penggunaan bawang lebih banyak. 

Untuk bawang merah cenderung kugunakan sebagai bawang goreng. Jadi aku ngga masukin tuh bawang merah ke dalam bumbu halus. Biasanya aku hanya pakai bumbu halus berupa bawang putih sama cabe.

3. Menumis Bumbu Pisah dengan Bahan Lain

Pernahkah kalian merasa sudah memberi bumbu pada nasi goreng banyak namun nasinya tak begitu kuat cita rasanya? Atau justru hambar pada bagian nasinya nih? Aku pernah mengalami keduanya. Hal itu terjadi ketika aku menumis bumbu lalu kususul dengan tambahan bahan lain seperti telur orek atau lainnya. 

Namun hal itu bisa teratasi semenjak aku memisahkan tumisan bumbu dengan bahan lainnya. Jadi pertama - tama aku akan membuat telur orak-arik (kalau pakai telur) lalu mengangkatnya dari penggorengan. Setelah itu aku baru menumis bumbu halusnya hingga harum disusul nasi, sayur dan telur orak-ariknya tadi.

Kenapa bisa begitu? Karena menurut aku ketika telur dimasukkan ke dalam tumisan bumbu, alhasil bumbunya akan terserap ke dalam telur dan nasinya ga kebagian banyak bumbu dong. Itulah yang menyebabkan bumbu tidak terasa pada nasi padahal sudah pakai bumbu halus banyak.

Oh ya, menumis dengan margarin juga bisa menambah cita rasa jadi lebih enak loh :d

4. Peran Sejumlah Saos, Kecap dan Kaldu Bubuk

Sebagian orang mungkin memang ada yang tidak suka atau sengaja tidak mengonsumsi saos, tapi untuk nasi goreng menurutku kehadiran saos cukup menambah cita rasa enak, selain juga dapat mempercantik warna nasi goreng menjadi agak kemerahan.

Ada beberapa jenis saos, seperti saos cabe dan saos tomat. Ya keduanya tinggal dipilih aja, kalau mau pedes ya pakeknya saos cabe. Kalau ngga suka terlalu pedes better pakai saos tomat aja karena bumbu halusnya udah pakek cabe.

Saos tiram ternyata enak juga loh ditambahkan ke dalam nasi goreng hihi. Aku sudah mencobanya dan enak, asli. Atau kalau ada jenis saos lain ya why not untuk dicoba ditambahkan ke dalam nasi goreng ya kan? Aku yakin rata-rata saos dapat menambah cita rasa nasi goreng menjadi enak dan menarik secara penampilan. Kalau tampilannya menarik kan juga yang mau makan jadi berselera gitu ya.

Untuk kecap juga sebagai option aja sih. Kalo aku biasanya pakai namun dalam takaran sedikit. Kalau suka cita rasa nasi goreng agak manis, bisa banget nambahin kecap manis. Eits, kecap asin juga bisa dijadikan pilihan ya, tapi pakai garam dikit aja kalo udah pakai kecap asin, harus cicip juga ya biar asinnya ga kebablasan kayak mau minta dikawinin awkwk.

Nah soal kaldu bubuk ini jadian penting di segala masakanku haha. Aku tak bisa masak tanpa kaldu bubuk, aku akan kehilangan arah cita rasa masakan tanpa kaldu bubuk, oh yey. Tapi mungkin ada di antara kalian yang ndak konsumsi semacam kaldu bubuk ya, it;s okey lah bisa skip aja untuk ini :)

5. Api kompor

Untuk masak nasi goreng perlu kompor agak besar sih biar nasinya kering dan mengurangi kemungkinan lengket di wajan penggorengan, hihi. Tapi saat numis bumbu jangan pakai nyala api kompor gede ya, cepet gosong nanti :d


Sejauh ini aku membuat nasi goreng dengan cara seperti itu hahaha. Cita rasanya aku banget pokoknya. Penyajiannya juga tinggal naburin bawang goreng, seledri atau potongan jeruk nipis aja biar makin enak dan seger. Waduh aku bisa abis sepiring porsi kuli kalo udah begitu, hihi.


Gimana nih menurut kalian? Mau mencoba masak nasi goreng dengan caraku agar menjadi lebih enak? hehe. Semoga yang belum pernah mencoba tips ini bisa mempraktek-kan dan semoga hasilnya nasi goreng dengan cara tersebut membuat kalian suka dan makin disayang keluarga :)


Dewiqqqqq
Hallo guys, I am Dewi Sholekah. I was born on March 17th 1996. Thanks for your visiting :-)

Related Posts

6 komentar

  1. bener banget tekstur nasi yang pas mempengaruhi kelezatan nasi goreng. pernah bikin nasi goreng dari nasi yang agak lembek gitu capek ngaduknya karena dia lengket menyatu. gak diaduk malah gak rata bumbunya

    BalasHapus
  2. Aku juga kemarin nyoba bikin nasi goreng pakai saos tiram, rasanya jadi tambah sedeeep 😍 duh kebayang nasgor kemarin di tengah malam begini

    Dan kuncinya bikin nasi goreng emang di tekstur nasinya sih, meski aku cinta nasi pulen tapi kalau dijadiin nasi goreng jadinya tetep nggak match :"3 makasih kak resepnya uhg aku jadi nelen ludah pdhal otw mo tidur

    BalasHapus
  3. Widiiih ga nyangka aku akan menemukan resep nasi goreng yang mana semua dari tipsya ini belum pernah kulakukan. Selalu berkebalikan. hahaha. Amatiran mah begini. Makasiii kak, mantep nih tipsnya. Langsung kupraktekkan membuat nasi goreng ala Kak Dewi :D

    BalasHapus
  4. Asik mau nyoba cara membuat nasi goreng yang di suka dan di sayang keluarga.. Thanks mba tipsnya

    BalasHapus
  5. Wah poin ketiga insightful banget nih buat aku yang biasanya abis numis bumbu langsung masukin telor 😁

    BalasHapus
  6. Achieving your homeownership goals is really a lot simpler with Loanplicity as well as a. mortgage payment calculator canada If you are interested in purchasing a home for 300,000. canadian mortgage calculator

    BalasHapus

Posting Komentar