Tips Belajar Mengemudi Mobil Cepat dan Aman

5 komentar
Tips Belajar Mengemudi Mobil

Siapa nih yang belum bisa mengemudi mobil hayo? Bisa simak tips belajar mengemudi mobil melalui artikel ini deh kalau belum, hihi. Dijamin tips-nya akan membantumu agar lebih mudah untuk belajar mengemudi mobil secara aman dong pastinya. Terutama buat yang masih pemula nih. 

Kenapa mesti belajar buat bisa mengemudi mobil sih? Emang penting ya bisa mengemudi mobil? Ini nih yang belum mengetahui perkembangan dunia mobil dari zaman ke zaman. 

Mobil di Berbagai Zaman

Mobil merupakan salah satu moda transportasi yang digemari terlebih kalangan keluarga. Hal ini sesuai dengan kapasitas mobil yang dapat menampung lebih dari satu 2 orang. Ya ada sih mobil yang hanya bisa menampung 2 orang seperti mobil sport gitu, namun kebanyakan sih kapasitas mobil ya lebih dari 2 orang. Jadi kalau suatu saat ingin bepergian dengan anggota keluarga yang terdiri lebih dari 2 akan lebih efisien menggunakan mobil. 

Mobil mengalami beberapa fase dalam perkembangannya. Peminatnyapun juga semakin banyak seiring dengan perkembangan zaman. 

Mobil di Zaman Dulu

Pernahkah membedakan banyaknya pemilik mobil di zaman dulu dan sekarang? Kalau saya pernah hehe. Dan hasil yang saya dapati dari pengamatan adalah jumlah pemilik mobil di zaman sekarang lebih banyak ketimbang zaman dulu.

Zaman dulu mobil menjadi sebuah barang atau aset mewah. Sudah dipastikan kalau punya mobil di zaman dulu pastilah golongan orang mampu atau ekonomi atas. 

Salah satu mobil populer zaman dulu adalah mobil bertipe jeep. Ya meskipun sekarang juga masih ada komunitas pecinta mobil jeep ini, namun jeep ini merupakan salah satu jenis mobil zaman dulu.

Mobil di Zaman Sekarang

Mobil saat ini sudah bukan menjadi barang mewah lagi apabila dilihat melalui jumlah pemilik dan golongan pemiliknya. Mulai dari pedagang sayur, petani, penjual nasi goreng, penjual martabakpun sekarang sudah banyak yang memiliki mobil. Hal itu juga berkaitan dengan harga mobil yang semakin lama harganya semakin turun. 

Mobil zaman sekarang perangkatnya semakin canggih, juga didesain ramah lingkungan. Maka dari itu penggemarnya semakin meningkat jumlahnya. Mulai dari perangkat AC yang pastinya membuat penumpang merasa sejuk dingin ketika cuaca sedang terik sekalipun. Selain dimanjakan dengan AC, menggunakan transportasi mobil juga turut menjaga style baju ataupun rambut kita agar tidak berantakan karena terpaan angin, hihi. 

Imbas dari banyaknya penggemar mobil zaman sekarang adalah menjadikannya sebagai sebuah trend di kalangan masyarakat. Eits, terkait trend ini bisa ambil contoh ibu-ibu muda yang tiap pagi nganter anaknya ke sekolah naik mobil wkwk. Hayo, apakah kamu termasuk salah satu ibu muda yang suka nganter anak ke sekolah ? hehe

Trend Mengemudi Mobil

Mobil semakin menjadi trend di kalangan masyarakat, baik karena faktor harga mobil yang semakin menurun sehingga banyak yang mampu untuk membeli, juga banyaknya perempuan yang juga bisa mengemudi dimana dulu mayoritas pengemudi adalah laki-laki.

Selain banyak menjumpai ibu-ibu muda mengantar anaknya ke sekolah, juga banyak kok komunitas ibu muda yang ngopi atau nongkrong dengan menggunakan transportasi mobil. Kece-kece gitu kan biasanya hehe. Jadi intinya mengemudi mobil semakin trend semenjak kaum hawa memiliki kesempatan yang sama seperti kaum adam untuk mengemudi :-d

Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas

Banyaknya pengemudi mobil saat ini tentunya juga menciptakan peningkatan angka kecelakaan lalu lintas. Menurut data kepolisian yang saya kutip dari media Kompas, terdapat peningkatan kecelakaan lalu lintas sebesar 3% sepanjang tahun 2019 dibanding tahun 2018 meski angka yang meninggal menurun 6%. Tetep saja meningkat ya angka kecelakaan lalu lintasnya. Faktor yang mendominasi kasus kecelakaan lalu lintas adalah faktor kesalahan manusia.

Faktor kesalahan manusia biasanya meliputi keterampilan mengemudi yang buruk, kondisi fisik dan mental yang kurang bagus, sikap berkendara dan pengaruh alkohol.

Faktor kondisi fisik dan mental dapat diatasi dengan menjaga tubuh tetap fit dan tidak memaksakan berkendara ketika tubuh sedang kelelahan atau sakit. Sikap berkendara juga bisa diatur melalui kedisiplinan ketika di jalan raya seperti menyalip menggunakan jalur kanan, tidak menggunakan ponsel ketika berkendara, menggunakan sabuk pengaman ketika mengemudi, mematuhi rambu lalu lintas, mengatur kecepatan berkendara dan memastikan posisi duduk dengan posisi nyaman terlebih dulu sebelum mulai mengemudi.

Semua faktor itu juga dipengaruhi oleh bagaimana awalnya pengemudi saat belajar loh. Maka dari itu penting sekali untuk belajar mengemudi secara baik dan benar. 

Mengemudi Mobil dengan Benar Berawal dari Pola Belajar

Belajar itu tidak terbatas pada hal apapun ya, termasuk dalam hal mengemudi mobil. Bagaimana kita mulanya akan berdampak pada bagaimana kita akhirnya menjadi terbiasa. Seperti bagaimana kita belajar mulanya akan berdampak pada bagaimana kita akan terbiasa mengemudi mobil. Ada yang suka kasar mengemudi di jalan, bisa jadi karena pada mulanya tidak belajar dengan halus melainkan kasar. Ada yang biasa menginjak rem mobil dengan "jegaguk" atau terasa sekali denyutannya maupun ketika ganti gigi juga terasa kasar, bisa jadi karena mulanya tidak belajar menginjak rem dan ganti gigi secara halus.

Kalau tau yang kasar-kasar gitu jadi inget kalau aku suka banyangin ibu hamil yang mau melahirkan bisa-bisa bayinya keluar di mobil saat nglewatin polisi tidur wkwk. Atau nggak pas piknik gitu kebetulan penumpangnya langganan mabuk kendaraan, bisa-bisa baru jalan 3 meter udah keluar semua seluruh isi perutnya wkwk. Tapi kalo ketemu pengemudi yang halus enak gitu bawaannya pengen tidur atau rebahan aja menikmati pemandangan sepanjang jalan menuju ke tempat wisata gitu di mobil hehe.

Kalau hanya berimbas pada kurang nyamannya penumpang sih ngga begitu parah, tapi kalau imbasnya sampai ke kecelakaan yang membahayakan nyawa diri sendiri alias supir juga penumpang maupun pengemudi lain itu yang bahaya sekali. 

Lalu bagaimana sih belajar mengemudi mobil yang benar agar nantinya dapat mengemudi dengan benar? Sudah kusiapkan ya tipsnya, kalian tinggal lanjut baca aja :)

Tips Belajar Mengemudi Mobil 

  • Memahami fungsi perangkat mobil terlebih dulu
  • Belajarlah dari yang manual terlebih dulu agar nantinya jika ganti ke matic lebih gampang
  • Mengatur posisi duduk yang nyaman sebelum belajar dimulai
  • Gunakan kecepatan pelan untuk menguasai kendaraan juga medan terlebih dulu
  • Menguasai teknik parkir yang tepat
  • Fokus dan tenang atau tidak panik
  • Sering menyetir mobil, baiknya tidak terlalu menggunakan durasi lama namun lebih baik durasi singkat namun sering
  • Menguasai skill menginjak rem dan pedal kopling
  • Memakai jasa kursus atau pelatihan mengemudi mobil
Nah tips terakhir untuk belajar mengemudi mobil yaitu memakai jasa kursus atau pelatihan mengemudi mobil ini lebih disarankan bagi yang sedang belajar mengemudi, terutama pemula. Jasa kursus atau pelatihan mengemudi mobil ini banyak diminati karena memang keamanannya lebih terjamin. Kenapa bisa terjamin? Ya dong terjamin, karena mobil yang dipakai oleh jasa mengemudi atau pelatihan mengemudi mobil ini dilengkapi dengan pedal rem dan kompling ganda yang tidak dimiliki oleh kendaraan pada umumnya karena mobil ini spesial dimodif demikian, hehe. Jadi tak perlu takut deh kalau belajar meskipun di jalan raya, karena keamanannya terjamin. 

Di Magetan Jawa Timur terdapat salah satu jasa kursus atau lembaga pelatihan mengemudi yang populer dan direkomendasikan banyak orang, yaitu Kursus Mengemudi Arjuna. Tentunya memang kualitasnya oke, terbukti juga sudah banyak pengemudi - pengemudi profesional yang lahir dari Kursus Mengemudi Arjuna ini.

Kursus Mengemudi Arjuna Magetan : Lembaga Pelatihan untuk Belajar Mengemudi Profesional

Aku di Kursus Arjuna


Kursus Mengemudi Arjuna Magetan ini cukup populer di kalangan Magetan dan sekitarnya. Aku sudah merasakannya sejak 5 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2015. Setiap hari tak kurang dari 16 sampai 20an orang yang belajar di sana. Kursus ini menjadi populer karena kualitas pelayanannya mulai dari admin dan instruktur yang ramah dan sabar, medan yang cocok untuk tahap belajar serta metode yang tepat untuk belajar. 

Apabila kalian berkunjung ke sana, kalian akan disambut oleh adminnya yang ramah dan dengan telaten serta sabar memberi penjelasan dan melayani seluruh pelanggan dengan baik. Instrukturnyapun juga dikenal sabar dan telaten, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelanggan yang berhasil belajar dengan berbagai umur.

Tingkat keamanannya tak perlu diragukan karena semua mobil di Kursus Mengemudi Arjuna ini dilengkapi dengan pedal rem dan kopling ganda. Jadi seandainya sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan, instruktur dapat mengendalikan melalui pedal ganda tersebut. 

Untuk medan yang dipakai belajar juga sangat cocok. Magetan terletak di kaki Gunung Lawu, sehingga terdapat area landai lengkap dengan tanjakan serta turunan. Jadi kalau latihan akan mendapat paket lengkap ya, dapet paket belajar bagaimana mengemudi di jalan landai, jalan menanjak dan juga jalan menurun. Medan inilah yang tidak dimiliki oleh jasa mengemudi yang lokasinya di kota-kota besar lain atau yang lokasinya landai saja. Kalau dari belajarnya saja sudah mencoba berbagai medan pastinya akan jago ya setelah lulus dari kursus.

Mengenai metode ya Kursus Arjuna ini jagoannya. Metode yang dipakai tanpa penggunaan medan lapangan. Jadi akan cepat mudah untuk penguasaan jalan raya. Materi yang diberikan juga sempurna dan berurutan mulai dari pengenalan fungsioanal perangkat mobil hingga penguasaan parkir. 

Kursus Mengemudi Arjuna menyediakan sistem belajar dalam bentuk paket. Paket paling banyak adalah selama 10 hari. Jadi bukan waktu yang lama juga kan? :-d

Oh ya satu lagi spesialnya di kursus Arjuna ini, jadwalnya bisa diatur fleksibel hohoho. Jadi bisa banget nyesuaikan dengan kesibukan masing-masing pelanggan. Ini bagian yang kusuka.

Bagaimana? apakah merasa terbantu dengan tips belajar mengemudi mobil di atas ?
Ada baiknya kalau kalian memakai jasa kursus, Kursus Arjuna adalah salah satu jasa yang bagus. Kalau ingin memakai jasa kursus Arjuna gampang kok caranya, tinggal datang saja ke Jalan Karya Dharma, Desa Ringinagung, Kecamatan Magetan (Depan kantor Kejaksaan Magetan) atau juga bisa kontak WA melalui 085-851-242-685. Siapkan dirimu untuk jadi pengemudi profesional!

Dewiqqqqq
Hallo guys, I am Dewi Sholekah. I was born on March 17th 1996. Thanks for your visiting :-)

Related Posts

5 komentar

  1. Wahh kalau dekat aku samperin deeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, naek pesawat aja mbak biar deket :-D

      Hapus
  2. Aku, aku, belum bisa ngendarain mobil. Sekarang mau belajar, nyalinya udah ciut

    BalasHapus
  3. Wah, pas banget nih aku juga lagi cari buat kursus stir mobil. Hmmm sayangnya di magetan yaa, jauh euy. Tp tips belajar stir mobilnya oke juga hehe. Mantap kakak :)

    BalasHapus
  4. Wah, pas banget lagi pengen belajar mobil. Sebelum punya mobil harus memantaskan diri dulu hehe... siapa tahu habis bisa nyetir, mobilnya datang kan ya.. :D :D

    BalasHapus

Posting Komentar