Branding Social media Memancing Interaksi

Posting Komentar
Branding Sosmed - dewiqqqqq

Hai hai, bagaimana perasaanmu saat ini, bahagia kan? Kudunya bahagia, soalnya kamu lagi baca halaman yangmana pemilik Blog-nya saat nulis ini sambil senyum - senyum sendiri karena mau bahas Branding social media :-) Sekarang coba ambil ponsel-mu, buka aplikasi Instagram lalu masuk ke bagian story terus pilih filter dan ambil capture, seeeeettttt langsung kayak artis Korea kan? Ya itu yang tak lakuin sih salah satunya biar bahagia dan senyum, ya sering buat kayak begitu lalu post di  Instagram, Facebook dan sebagainya buat Branding diri gitu, hehe. Emang Branding di social media gitu penting dan bisa memancing interaksi dari pengguna social media lainnya ? Jawabannya bakal ketemu kalo kamu baca tulisan ini ampe habis :-d

Day 2 Marathon Coaching Growthing with Ilham Sadli

Masih bersama Marathon Coaching Growthing ya, dan setelah mengikuti Marathon Coaching Growthing hari pertama , kali ini bersama Ilham Sadli pada coaching hari ke-dua. Topik kali ini adalah bagaimana agar bisa melakukan Branding melalui social media dan memancing Interaksi. Artikel ini juga sekaligus menjadi bagian dari tugas Blogspedia Coaching yang dipandu oleh mbk Marita Ningtyas yang selalu sabar dalam menjawab segala sesuatu pertanyaan murid-nya hingga kadang harus menjawab berulang dengan jawaban yang sama, hehe. Terimakasih ya mbak Marita atas kesediaaanya memandu kami dalam proses belajar menjadi seorang Blogger.

Berkaitan dengan topik Branding media sosial ini, sangat menarik tentunya untuk impressi saya di awal kelas. Karena sebagai anak milenial ceileh, sangat happy dong karena social media sudah jadi pelengkap makanan sehari - hari. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi ngga pernah absen sama social media. Dari tingginya intensitas penggunaan social media oleh banyak orang, tentunya berarti social media merupakan hal penting dan bermanfaat.

Manfaat Media Sosial

Media Sosial

Di tahun 2020 ini, media sosial semakin menguasai dunia teknologi. Tak hanya sebagai sarana hiburan, namun juga sebagai sarana mata pencaharian. Media sosial yang populer adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Linked In, Snapchat dan Tiktok.

Ada 4 poin utama dalam pemanfaatan social media untuk keberlangsungan hidup dan penting bagi seorang Blogger dari yang disampaikan oleh Ilham Sadli, diantaranya yaitu :

1. Menjaga Silaturahmi

dengan social media kita bisa berhubungan dengan siapapun baik sodara, teman atau mungkin orang yang belum lama kenal untuk bertukar kabar tanpa terkendala jarak. Dan biasanya banyak digunakan oleh anak muda untuk PDKT misalnya, hehe. Jadi kalau tetap bisa berkabar tentunya silaturahmi tidak akan terputus.

2. Perbanyak Koneksi

Social media memberi fasilitas untuk memperluas jaringan social pertemanan. Tak jarang bisa mendapat teman atau kolega baru melalui social media. Tapi tentunya ingat ya, tetap harus berhati - hati apabila mendapat kenalan baru guys. Silakan memperbanyak koneksi asal tetap menjaga kehati - hatian.

3. Branding

Nah bagian ini penting untuk seorang Blogger. Branding di social media dapat dilakukan dengan sering dan konsisten dalam memposting konten - konten yang berkualitas. Ada beragam social media yang saat ini banyak digunakan dan semakin tahun tingkat minat orang untuk berselancar di social media semakin tinggi.

4. Media Promosi Blog

Social media dapat digunakan sebagai sarana promosi untuk Blog kita dengan cara melakukan share link Blog melalui social media, begitu.


Begitu banyak manfaatnya media sosial dalam kehidupan kita ya ternyata. Dan sebagai seorang Blogger pastinya sangat penting untuk bisa memanfaatkan social media dengan optimal untuk kegiatan Branding.

Lebih Dekat dengan Branding Social Media

Langkah pertama untuk memulai Branding social media adalah dengan memprioritaskan social media mana yang kita pilih, yang akan gunakan untuk Branding. Atau lebih gampangnya, kita harus memfokuskan pada jenis social media yang kita tentukan sebagai prioritas / utama untuk melakukan branding. 

Jika sudah menentukan prioritas social media  mana untuk kegiatan branding, saatnya melakukan eksekusi untuk kegiatan branding yak. Sudah tahu caranya belum hayo? Kalau belum tahu tak perlu khawatir, karena aku bakal kasih tahu kok :-d

Cara Branding Social Media

Beberapa cara untuk melakukan kegiatan Branding di social media menurut kak Ilham Sadli diantaranya sebagai berikut :

1. Tentukan Audience

Penentuan audience ini berdasarkan usia, pendidikan, kebiasaan, gaya hidup hingga hal yang disukai ya guys. 

2. Mau dikenal sebagai siapa?

Ketika menggunakan social media pengen dikenal sebagai apa dan siapa? Jadi maksudnya, kita harus punya karakter di dunia social media. Misalnya kayak aku nih, aku memiliki karakter di dunia social media sama dengan duniaku sehari - tapi tidak di dunia kerja formalku. Fyi, profesiku saat ini adalah seorang Guru. Namun, aku hanya menggunakan karakter sebagai seorang Guru di sekolah. Di luar sekolah seperti di rumah dan dimanapun juga di social media aku menjadi karakter diriku sendiri yang sama seperti anak melinial lainnya yang suka eksis di dunia social media :-d

3. Apa bedanya dengan akun lain ?

Agar beda dengan akun yang lain, kita harus membeirkan sentuhan yang khas, yang menjadi ciri karakter kita. Hal khas tersebut bisa diselipkan pada caption atau foto, bahasan atau sudut pandang. 

4. Tentukan arah akunnya

Penentuan arah akun ini bisa dimulai dengan sapaan untuk followers, kalau kayak aku nih suka nyapa dengan sebutan "guys", lalu bagaimana dengan gaya bahasa yang digunakan dan juga terkait penggunaan kosa kata.

5. Konsisten

Kita harus memiliki konsistensi dalam hal posting, humble dan intensitas interaksi yang sering.


Contoh Implementasi Branding Melalui Media Twitter (Ilham Sadli)

Branding

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan :

  • melakukan SKSD (Sok Kenal Sok Dekat)
  • tidak hanya follow pada yang seprofesi
  • selalu memperhatikan analytics
  • sering muncul pada konten viral dengan komentar nyentrik atau menarik perhatian 


Selain cara di atas, ada hal - hal yang perlu diperhatikan juga loh saat kita melakukan Branding. Apa hayo? Hal - hal yang tak boleh kita abaikan saat Branding yaitu :


4-hal-ketika-branding

Tujuan : sebagai sarana hiburan, inspirasi, informasi, edukasi, interaksi, ajakan
Karakter : lucu, menyenangkan, berwibawa, supel, ramah, inspiratif, profesional
Bahasa : sederhana, santai, bercanda, baku, formal, kompleks
Gaya bahasa : sopan, rendah hati, muda, blak - blakan, kritis, dewasa, elegan


Namun keoptimalan social media juga jangan dilupakan ya. Dan hal - hal yang mempengaruhi optimalnya social media adalah :

  • konten
  • konsisten
  • timing
  • audience yang tepat sasaran
  • ikuti tren

Dan waktu posting untuk beragam media sosial juga beda loh. Apa saja bedanya ? Tenang sudah tak siapkan, hehe

Best-time-twitter

Best-time-instagram

Best-time-youtube

Bagaimana ? sudah siap untuk melakukan Branding social media dan memancing interaksi guys? Mari kita coba lakukan dengan mengikuti tips - tips di atas ya. Semangat !

Dewiqqqqq
Hallo guys, I am Dewi Sholekah. I was born on March 17th 1996. Thanks for your visiting :-)

Related Posts

Posting Komentar